Peringatan HARHUBNAS Tahun 2016

DISHUB KUKAR, -- Setiap tanggal 17 September di peringati sebagai hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) dan pada tahun ini, hari Perhubungan Nasional jatuh pada hari Sabtu (17/9).

Dalam memeriahkan Harhubnas di Kabupaten Kutai Kartanegara yang digelar pada hari ini (Seninh10/9), Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara  mengelar upacara bendera yang bertempat di halaman kantor Dinas Perhubungan Kab.Kukar

Tema yang diambil dalam peringatan Harhubnas tahun ini adalah “Melalui Peringatan Harhubnas Tahun 2016 Kita Tingkatkan Prestasi Kerja Nyata untuk Mewujudkan Transportasi Yang Aman, Selamat dan Nyaman, Kita Tingkatkan Kebersamaan dan Kinerja Komunitas Perhubungan”.

Dalam sambutan Menteri Perhubungan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kab. Kukar Drs. H. Marsidik selaku Pembina Upacara  mengatakan bahwa Hari Perhubungan Nasional Merupakan momentum yang tepat bagi kita, Segenap Insan Perhubungan, untuk meresapi kembali makna semboyan perhubungan “ Wahana Manghayu Warga Pertiwi” yang artinya Perhubungan Adalah wahana untuk menyejahterakan bangsa dan negara. Seperti yang telah kita sadari bersama, sektor perhubungan memiliki peran yang sangan teramat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peran transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Sektor Transportasi harus dapat menjalin konektivitas antar pulau dan harus mampu mewujudkan aksesibilitas ke seluruh wilayah tanah air Indonesia.

Karena peranan yang amat strategis itu, Segenap Sumber Daya Manusia (SDM)  Perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen untuk memberikan kerja keras yang nyata disektor transportasi, selain sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa, juga dimaksudkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakan Indonesia. Hal Tersebut sejalan dengan Tema Harhubnas Tahun 2016 “Melalui Peringatan Harhubnas Tahun 2016 Kita Tingkatkan Prestasi Kerja Nyata untuk Mewujudkan Transportasi Yang Aman, Selamat dan Nyaman, Kita Tingkatkan Kebersamaan dan Kinerja Komunitas Perhubungan”.

Merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan transportasi yang aman, selamat dan  nyaman bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebagai pelaksanaan dari tanggung jawab tersebut, Kementerian Perhubungan berupaya meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan serta meningkatkan kualitas pelayanan melalui penguatan di bidang regulasi, melalui penerbitan berbagai kebijakan peningkatan keselamatan dan keamanan transportasi. Penguatan Fungsi regulator dibidang transportasi juga sertai pula peningkatan pengawasan dan penegakan peraturan secara konsisten.

Di sisi lain, dalam upaya menjalin konektivitas antar wilayah dan memperkuat konektivitas nasional Kementerian Perhubungan Perhubungan juga melaksanakan fungsi pembangunan, melalui pembangunan fisik sarana dan prasarana transportasi disektor darat, laut, udara dan perkeretaapian, sesuai dengan rencana strategis yang telah ditetapkan. Kesemua upaya kerja nyata dari insan perhubungan tersebut sejalan dengan konsep Nawacita yang di canangkan Presiden RI, Joko Widodo, yang di tujukan sebesar besarnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Selain fokus pada konektivitas dan peningkatan komitmen segenap SDM Perhubungan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, pada kesempatan yang baik ini saya juga ingin mengingatkan kembali kepada segenap insan perhubungan untuk mendorong keterlibatan pihak swasta, BUMN dan BUMD dalam melakukan pembangunan dan pengelolaan transportasi, berkaitan dengan perwujutan konektivitas dan peningkatan pelayanan transportasi. Keterlibatan pihak-pihak tersebut diharapkan dapat memujudkan efisien dan mendorong pemanfaatan secara optimal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Sehingga sekali lagi dapat digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dalam rangka memperingati Harhubnas Tahun 2016 ini, telah diagendakan sejumlah kegiatan perlombaan dan pertandingan di bidang seni dan olah raga dan bakti sosial, dengan harapan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan sportivitas dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Perkeretaapian, selaku Koordinator Harhubnas kali ini, dan segenap Panitia Penyelenggara yang tergabung dari unit pemerintahan dan BUMN, serta berbagai instansi terkait lainnya yang yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan dan memeriahkan Peringatan Harhubnas Tahun 2016

Saya berharap peringatan Harhubnas dapat menjadi wahana untuk meningkatkan prestasi, serta memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan dan kekeluargaan segenap insan perhubungan dimanapun berada. Dan semoga semangat Harhubnas ini dapat meningkatkan jiwa korsa dan memberi gairah kerja yang berarti bagi Pembangunan Transportasi diseluruh pelosok tanah air.

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita semua dalam menunaikan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Dirgahayu Perhubungan

Sekian dan terima kasih

Menteri Perhubungan

Budi Karya Sumadi


 

Berita Lainnya

Mini Galeri

Video

Berita terkini

RAPAT EVALUASI Posted 23 Februari 2017

Kontak

Dishub Kutai Kartanegara.
Jln. Pesut RT. VIII Kel. Timbau - Tenggarong
Kutai Kartanegara
Kalimantan Timur - 75511
Indonesia
: (0541) 6667077
: dishubkukar@yahoo.co.id

Cari berita