Renstra SKPD


Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2016-2021

TUJUAN DAN SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN

 

4.1.      Tujuan Jangka Menengah Dinas Perhubungan

Tujuan adalah pernyataan-pernyataan tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai visi, melaksanakan misi, memecahkan permasalahan, dan menangani isu strategis daerah yang dihadapi.

Berdasarkan hasil penentuan isu-isu strategis yang akan dihadapi dalam jangka waktu pelaksanaan Renstra SKPD Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara, maka untuk menangani isu-isu strategis yang telah ditentukan tersebut akan dirumuskan tujuan pelayanan jangka menengah Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara periode tahun 2016-2021 sebagai berikut:

1)       Tujuan 1: Menyediakan Prasarana dan Fasilitas Perhubungan Guna Meningkatkan Aksesibilitas Antar Wilayah

2)       Tujuan 2: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perhubungan

 

4.2.      Sasaran Jangka Menengah Dinas Perhubungan

Sasaran adalah hasil yang diharapkan dari suatu tujuan yang diformulasikan secara terukur, spesifik, mudah dicapai, rasional, untuk dapat dilaksanakan dalam jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan.

Perumusan sasaran pelayanan jangka menengah yang hendak dicapai dari tujuan di atas adalah sebagai berikut:

1)        Sasaran dari Tujuan 1: Menyediakan Prasarana dan Fasilitas Perhubungan Guna Meningkatkan Aksesibilitas Antar Wilayah; dengan indikator sebagai berikut:

a)   Prosentase prasarana dan fasilitas perhubungan yang memadai;

b)   Prosentase ketersediaan fasilitas lalu lintas.

2)        Sasaran dari Tujuan 2: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perhubungan; dengan indicator sebagai berikut:

a)   Prosentase pemenuhan pelayanan sesuai dengan SPM Perhubungan

b)   Prosentase kendaraan angkutan umum yang diuji

c)   Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM);

d)   Nilai evaluasi LKjIP;

e)   Prosentase penerimaan PAD Bidang Perhubungan.

Untuk lebih jelasnya mengenai Sasaran-Sasaran dari Tujuan Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:

Tabel 4.1

Sasaran dari Tujuan Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara

NO

TUJUAN

SASARAN

INDIKATOR SASARAN



1

2

3

4


 

 

 

 


1

Menyediakan Prasarana dan Fasilitas Perhubungan Guna Meningkatkan Aksesibilitas Antar Wilayah

1

1) Tersedianya Prasarana dan Fasilitas Perhubungan yang memadai

1

Prosentase prasarana dan fasilitas perhubungan yang memadai


2

Prosentase ketersediaan fasilitas lalu lintas


2

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perhubungan

1

2) Meningkatnya Kapasitas Kinerja dan Kualitas Pelayanan Perhubungan

1

Prosentase pemenuhan pelayanan sesuai dengan SPM Perhubungan


2

Prosentase kendaraan angkutan umum yang diuji


3

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)


4

Nilai evaluasi LKjIP


5

Prosentase penerimaan PAD Bidang Perhubungan


 

 

 

 

 

 


 

 


Tabel 4.2

Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Pelayanan Dinas Perhubungan

Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2016-2021

SASARAN

INDIKATOR SASARAN

Formulasi

Kondisi Awal (s/d 2015)

RENCANA TARGET KINERJA PROGRAM (5 TAHUN)

2016

2017

2018

2019

2020

2021

Target

Target

Target

Target

Target

Target

1

2

3

5

6

7

8

9

10

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SASARAN 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Tersedianya Prasarana dan Fasilitas Perhubungan yang memadai

1

Prosentase prasarana dan fasilitas perhubungan yang memadai

Jumlah (komulatif) prasarana dan fasilitas perhubungan yang tersedia dan memadai dibagi jumlah prasarana dan fasilitasyang seharusnya tersedia dan memadai dikali 100%

54%

58%

77%

80%

83%

91%

93%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Prosentase ketersediaan fasilitas lalu lintas

Jumlah Faslalin yg tersedia dan memadai dibagi jumlah Faslalin yang seharusnya tersedia dan memadai dikali 100%

13%

15%

31%

57%

79%

92%

100%

SASARAN 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Meningkatnya Kapasitas Kinerja dan Kualitas Pelayanan Perhubungan

1

Prosentase pemenuhan pelayanan sesuai dengan SPM Perhubungan

Jumlah (komulatif) layanan sesuai SPM yang sudah dipenuhi dibagi jumlah seluruh layanan sesuai SPM yang seharusnya dipenuhi dikali 100%

0.0

19%

38%

58%

77%

100%

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Prosentase kendaraan angkutan umum yang diuji

Jumlah (pertahun) kendaraan yang diuji (lulus uji) dibagi jumlah kendaraan wajib uji dikali 100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Nilai (pertahun) hasil survey dan perhitungan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perhubungan

0 (Belum diukur)

70 (Baik)

75 (Baik)

80 (Sangat Baik)

83 (Sangat Baik)

85 (Sangat Baik)

87 (Sangat Baik)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Nilai evaluasi LKjIP

Hasil penilaian (pertahun) oleh Inspektorat Kab. Kukar

75,15 (BB)

70 (B)

75 (BB)

77 (BB)

81 (A)

83 (A)

90 (AA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Prosentase penerimaan PAD Bidang Perhubungan

Jumlah (pertahun) pendapatan retribusi dibagi jumlah target pendapatan dikali 100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


4.3.      Strategi dan Kebijakan Dinas Perhubungan

4.3.1.    Perumusan Strategi

Rumusan strategi merupakan pernyataan-pernyataan yang menjelaskan bagaimana tujuan dan sasaran akan dicapai serta selanjutnya dijabarkan dalam serangkaian kebijakan. Guna mencapai sasaran Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara dalam Renstra tahun 2016-2021, maka dirumuskan strategi pencapaian sasaran sebagai berikut:

Tabel 4.3

Rumusan Strategi Pencapaian Sasaran

No

Sasaran

Indikator Kinerja Sasaran

Strategi



1

2

3

4


 

 

 

 


1

Tersedianya Prasarana dan Fasilitas Perhubungan yang memadai

1

Prosentase prasarana dan fasilitas perhubungan yang memadai

1

Revitalisasi Layanan Transportasi Publik (sesuai strategi dalam RPJMD Kukar 2016-2021)


2

Tingkatkan ketersediaan prasarana: angkutan jalan, sungai dan danau, penyebrangan, dan angkutan laut guna memenuhi standar pelayanan sesuai SPM Perhubungan


3

Perkuat sistem perencanaan program kerja berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan, SPM, serta dokumen perencanaan daerah yang mendasari penyelenggaran pembangunan di bidang perhubungan agar lebih mendasari dan memberikan kejelasan dalam pengusulan program dan kegiatan pada APBD, APBD Provinsi serta APBN bagi Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara


4

Optimalkan sistem perencanaan guna memenuhi kebutuhan pembangunan di bidang perhubungan yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara


5

Manfaatkan dokumen perencanaan, FS, DED, hasil kajian, hasil studi-studi yang telah disusun sebagai dasar pelaksanaan program pembangunan prasarana dan fasilitas perhubungan serta fasilitas lalu lintas jalan maupun sungai dan laut


6

Optimalkan sistem perencanaan pembangunan dengan memperhatikan Permendagri 67 th.2011 tentang pedoman umum pelaksanaan pengarusutamaan gender daerah agar tersedia prasarana dan fasilitas perhubungan yang responsif gender


7

Manfaatkan Dukungan Instansi-Instansi Terkait guna mendukung kelancaran perencanaan dan pelakasanaan program pembangunan di bidang perhubungan


8

Optimalkan fungsi prasarana dan fasilitas perhubungan yang sudah ada di beberapa Kecamatan untuk memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan transportasi yang memadai


9

Optimalkan fungsi Terminal dan pelayanan angkutan jalan guna menekan penggunaan kendaraan pribadi


10

Manfaatkan kewenangan berdasarkan peraturan serta Tugas dan Fungsi untuk melakukan revitalisasi Terminal dan Dermaga yang sudah ada


 

 

 

 


2

Prosentase ketersediaan fasilitas lalu lintas

1

Lakukan penyusunan rencana kebutuhan fasilitas lalu lintas di seluruh wilayah Kabupaten guna ketepatan dalam proses penyediaan fasilitas lalu lintas yang sesuai kebutuhan


2

Manfaatkan fasilitas lalu lintas yang sudah ada guna kelancaran akses transportasi di semua wilayah Kabupaten serta mendukung perkembangan sektor pariwisata


3

Menyediakan fasilitas lalu lintas untuk seluruh wilayah Kabupaten sesuai dengan kebutuhan


4

Perlunya pengembangan sistem LPJU dan Traffic Light dengan menggunakan tenaga surya (solar cell) agar lebih efektif dan efisiensi belanja daerah karena tidak perlu lagi membayar tagihan listrik


 

 

 

 

 

 


2

Meningkatnya Kapasitas Kinerja dan Kualitas Pelayanan Perhubungan

1

Prosentase pemenuhan pelayanan sesuai dengan SPM Perhubungan

1

Upayakan peningkatan kualitas pelayanan perhubungan kepada masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM) Perhubungan


2

Lakukan studi atau kajian mengenai Penerapan dan Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Perhubungan di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan bekerja sama dengan pihak swasta maupun pihak akademisi atau perguruan tinggi di daerah


3

Tingkatkan pelayanan: angkutan jalan, sungai dan danau, penyebrangan, dan angkutan laut sesuai guna memenuhi standar pelayanan sesuai SPM Perhubungan


4

Lakukan Manajemen SDM guna terpenuhinya Aparatur Perhubungan yang memiliki kompetensi guna memenuhi standar pelayanan sesuai SPM Perhubungan


5

Libatkan perananan pihak swasta dalam hal penyediaan jasa transportasi (tersedianya Taxi) guna menunjang perkembangan sektor kepariwisataan di Kabupaten Kutai Kartanegara


6

Upayakan pemberdayaan kepada para pengusaha atau penyedia jasa angkutan umum untuk meningkatkan kapasitas angkutan umum dan mencegah berkurangnya angkutan umum


 

 

 

 


2

Prosentase kendaraan angkutan umum yang diuji

1

Optimalkan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor guna meningkatkan kelayakan angkutan umum darat yang akan berdampak untuk meminimalisir kejadian kecelakaan serta mencegah pencemaran udara yang ddisebabkan asap kendaraan bermotor roda 4 atau lebih


2

Optimalkan koordinasi dengan Instansi Terkait terutama dengan pihak Kepolisian guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mentaati peraturan lalu lintas


3

Tingkatkan sosialisasi keselamatan dan tingkatkan ketersediaan fasilitas lalu lintas guna membangun kesadaran masyarakat untuk pentingnya mentaati peraturan lalu lintas


 

 

 

 


3

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

1

Tingkatkan kinerja manajemen pengelolaan data untuk menyediakan data dan informasi di bidang perhubungan yang akurat guna terpenuhinya kebutuhan masyarakat maupun Instansi terkait akan ketersediaan data dan informasi terkait pelayanan perhubungan


2

Adakan kerjasama dengan pihak Akademisi atau Perguruan Tinggi di Daerah guna meningkatkan kinerja pengelolaan data dan informasi


3

Optimalkan pemanfaatan Sistem Informasi atau Aplikasi serta Website Dinas Perhubungan untuk memanajemen pengelolaan data dan informasi pelayanan yang dibutuhkan masyarakat maupun Instansi terkait


4

Optimalkan pemanfaatan Sistem Informasi dan Website Dinas Perhubungan guna mendukung perwujudan akuntabilitas kinerja


5

Adakan kerjasama dengan pihak Akademisi atau Perguruan Tinggi di daerah untuk mengoptimalkan penyusunan dan penerapan SOP Dinas Perhubungan


 

 

 

 


4

Nilai evaluasi LKjIP

1

Adakan kerjasama dengan pihak Akademisi atau Perguruan Tinggi di Daerah guna meningkatkan kinerja perencanaan pembangunan


2

Adakan kerjasama dengan pihak Akademisi atau Perguruan Tinggi di daerah untuk peningkatan akuntabilitas kinerja Dinas Perhubungan


3

Diperlukan koordinasi dan konsultasi antar Intansi terkait baik dengan Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat guna meningkatkan kinerja perencanaan peningkatan akuntabilitas kinerja


 

 

 

 


5

Prosentase penerimaan PAD Bidang Perhubungan

1

Perlu dibentuknya UPT PKB, UPT Terminal, UPT Dermaga, dan UPT Pelabuhan guna peningkatan pelayanan dan upaya peningkatan PAD dari sektor penerimaan retribusi bidang perhubungan


2

Tingkatkan sistem pengelolaan perparkiran dan pelayanan perhubungan lainnya (PKB, dll) yang mempunyai potensi PAD dalam upaya meningkatkan penerimaan retriburi dari sektor perhubungan


 

 

 

 

 

 


 

 

4.3.2.    Perumusan Kebijakan

Kebijakan adalah pedoman yang wajib dipatuhi dalam melakukan tindakan untuk melaksanakan strategi yang dipilih, agar lebih terarah dalam mencapai tujuan dan sasaran. Untuk melaksanakan strategi yang telah ditentukan agar lebih terarah dalam mencapai tujuan dan sasaran Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara dalam Renstra tahun 2016-2021, maka dirumuskan kebijakan-kebijakan dari masing-masing tujuan, sasaran, dan strategi pada tabel berikut:

 

 


Tabel 4.4

Tujuan, Sasaran, Strategi, dan Kebijakan

Tujuan

Sasaran

Strategi

Kebijakan

2

3

4

5

 

 

 

 

Menyediakan Prasarana dan Fasilitas Perhubungan Guna Meningkatkan Aksesibilitas Antar Wilayah

1

Tersedianya Prasarana dan Fasilitas Perhubungan yang memadai

1

Revitalisasi Layanan Transportasi Publik (sesuai strategi dalam RPJMD Kukar 2016-2021)

1

Pembangunan sarana dan prasarana perhubungan khususnya yang berkaitan dengan transportasi public (sesuai kebijakan dalam RPJMD Kukar 2016-2021)

2

Melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana serta fasilitas perhubungan di seluruh wilayah Kabupaten sesuai dengan kebutuhan

2

Tingkatkan ketersediaan prasarana: angkutan jalan, sungai dan danau, penyebrangan, dan angkutan laut guna memenuhi standar pelayanan sesuai SPM Perhubungan

3

Mengupayakan ketersediaan prasarana: angkutan jalan, sungai dan danau, penyebrangan, dan angkutan laut sesuai SPM Perhubungan

3

Perkuat sistem perencanaan program kerja berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan, SPM, serta dokumen perencanaan daerah yang mendasari penyelenggaran pembangunan di bidang perhubungan agar lebih mendasari dan memberikan kejelasan dalam pengusulan program dan kegiatan pada APBD, APBD Provinsi serta APBN bagi Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara

4

Menyusun perencanaan pembangunan yang berkualitas, dengan memuat seluruh rencana kebutuhan pembangunan di bidang perhubungan untuk seluruh Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara yang terdiri dari 18 Kecamatan

4

Manfaatkan dokumen perencanaan, FS, DED, hasil kajian, hasil studi-studi yang telah disusun sebagai dasar pelaksanaan program pembangunan prasarana dan fasilitas perhubungan serta fasilitas lalu lintas jalan maupun sungai dan laut

5

Melanjutkan tahapan pembangunan sesuai dengan dokumen perencanaan, FS, DED, hasil kajian, hasil studi-studi yang telah disusun dengan memperhatikan tingkat kebutuhan masyarakat

5

Optimalkan sistem perencanaan pembangunan dengan memperhatikan Permendagri 67 th.2011 tentang pedoman umum pelaksanaan pengarusutamaan gender daerah agar tersedia prasarana dan fasilitas perhubungan yang responsif gender

6

Menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pelayanan bidang perhubungan yang responsif gender dengan berpedoman pada Permendagri 67 th.2011 tentang pedoman umum pelaksanaan pengarusutamaan gender daerah

7

Melibatkan pihak Akademisi pada Perguruan Tinggi di Daerah dalam proses pelaksanaan pengarusutamaan gender daerah di bidang perhubungan

6

Manfaatkan Dukungan Instansi-Instansi Terkait guna mendukung kelancaran perencanaan dan pelakasanaan program pembangunan di bidang perhubungan

8

Melakukan koordinasi baik antar daerah maupun dengan pemerintah pusat dalam pelaksanaan pembangunan di bidang perhubungan

7

Optimalkan fungsi prasarana dan fasilitas perhubungan yang sudah ada di beberapa Kecamatan untuk memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan transportasi yang memadai

9

Optimalisasi fungsi prasarana dan fasilitas perhubungan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten sesuai dengan kebutuhan

8

Optimalkan fungsi Terminal dan pelayanan angkutan jalan guna menekan penggunaan kendaraan pribadi

10

Memelihara prasarana dan fasilitas perhubungan yang ada diseluruh wilayah Kabupaten secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan

9

Manfaatkan kewenangan berdasarkan peraturan serta Tugas dan Fungsi untuk melakukan revitalisasi Terminal dan Dermaga yang sudah ada

11

Optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana serta fasilitas perhubungan yang sudah ada di wilayah Kabupaten

12

Revitalisasi Terminal, Dermaga, Pelabuhan

10

Lakukan penyusunan rencana kebutuhan fasilitas lalu lintas di seluruh wilayah Kabupaten guna ketepatan dalam proses penyediaan fasilitas lalu lintas yang sesuai kebutuhan

13

Membuat Rencana Induk Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Kutai Kartanegara berdasarkan UU 22 th.2009 dan PP79 th.2013 tentang Jaringan LLAJ

14

Menyusun rencana kebutuhan fasilitas lalu lintas Darat, Sungai, Danau dan Penyebrangan, dan Laut mencakup seluruh wilayah dalam Kabupaten

11

Manfaatkan fasilitas lalu lintas yang sudah ada guna kelancaran akses transportasi di semua wilayah Kabupaten serta mendukung perkembangan sektor pariwisata

15

Melakukan inventarisasi terhadap ketersediaan fasilitas lalu lintas Darat, Sungai, Danau dan Penyebrangan, dan Laut di seluruh wilayah Kabupaten

16

Perawatan atau pemeliharaan fasilitas lalu lintas Darat, Sungai, Danau dan Penyebrangan, dan Laut yang ada diseluruh wilayah Kabupaten secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan

12

Menyediakan fasilitas lalu lintas untuk seluruh wilayah Kabupaten sesuai dengan kebutuhan

17

Menyediakan fasilitas lalu lintas Darat, Sungai, Danau dan Penyebrangan, dan Laut diseluruh wilayah Kabupaten secara bertahap sesuai dengan kebutuhan

18

Menyediakan LPJU dan Traffic Light/ Warning Light diseluruh wilayah Kabupaten secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan

13

Perlunya pengembangan sistem LPJU dan Traffic Light dengan menggunakan tenaga surya (solar cell) agar lebih efektif dan efisiensi belanja daerah karena tidak perlu lagi membayar tagihan listrik

19

Mengembangkan LPJU dan Traffic Light yang masih menggunakan tenaga listrik untuk beralih ke tenaga surya (solar cell) diseluruh wilayah Kabupaten secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perhubungan

2

Meningkatnya Kapasitas Kinerja dan Kualitas Pelayanan Perhubungan

1

Upayakan peningkatan kualitas pelayanan perhubungan kepada masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM) Perhubungan

1

Penerapan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Perhubungan secara bertahap dan sesuai kebutuhan

2

Lakukan studi atau kajian mengenai Penerapan dan Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Perhubungan di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan bekerja sama dengan pihak swasta maupun pihak akademisi atau perguruan tinggi di daerah

2

Melakukan studi atau kajian mengenai Penerapan dan Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Perhubungan di Kabupaten Kutai Kartanegara

3

Melakukan inventarisasi kegiatan pelayanan berdasarkan SPM

3

Tingkatkan pelayanan: angkutan jalan, sungai dan danau, penyebrangan, dan angkutan laut sesuai guna memenuhi standar pelayanan sesuai SPM Perhubungan

4

Mengupayakan penyediaan layanan angkutan jalan, sungai dan danau, penyebrangan, dan angkutan laut sesuai SPM Perhubungan

5

1) Pengembangan jasa layanan transportasi kota yang menghubungkan ke sentra pertanian, kawasan khusus, destinasi pariwisata, dan outlet perdagangan (sesuai kebijakan dalam RPJMD Kukar 2016-2021)

6

2) Pengembangan layanan transportasi yang mencakup seluruh wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (sesuai kebijakan dalam RPJMD Kukar 2016-2021)

4

Lakukan Manajemen SDM guna terpenuhinya Aparatur Perhubungan yang memiliki kompetensi guna memenuhi standar pelayanan sesuai SPM Perhubungan

7

Meningkatkan kompetensi SDM Aparatur Perhubungan sesuai SPM Perhubungan

8

Mengusulkan kepada BKD untuk memberikan Diklat Teknis Perhubungan kepada Aparatur Dinas Perhubungan

9

Mengusulkan anggaran Diklat pada APBD

10

Bekerjasama dengan Lembaga Diklat Perhubungan

5

Libatkan perananan pihak swasta dalam hal penyediaan jasa transportasi (tersedianya Taxi) guna menunjang perkembangan sektor kepariwisataan di Kabupaten Kutai Kartanegara

11

Bekerjasama dengan pihak Swasta dalam hal penyediaan sarana transportasi

6

Upayakan pemberdayaan kepada para pengusaha atau penyedia jasa angkutan umum untuk meningkatkan kapasitas angkutan umum dan mencegah berkurangnya angkutan umum

12

Melakukan kegiatan pemberdayaan kepada para pengusaha/ penyedia jasa transportasi

13

Mengevaluasi pelaksanaan tarif angkutan

14

Pemberdayaan penyelenggara jasa angkutan umum melalui pemberian Subsidi Angkutan Umum

7

Optimalkan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor guna meningkatkan kelayakan angkutan umum darat yang akan berdampak untuk meminimalisir kejadian kecelakaan serta mencegah pencemaran udara yang ddisebabkan asap kendaraan bermotor roda 4 atau lebih

15

Meningkatkan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor sesuai SPM Perhubungan

16

Menyediakan sarana, prasarana, dan fasilitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor yang berkualitas

8

Optimalkan koordinasi dengan Instansi Terkait terutama dengan pihak Kepolisian guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mentaati peraturan lalu lintas

17

Bekerjasama dengan pihak Kepolisian dalam hal peningkatan keselamatan lalu lintas

9

Tingkatkan sosialisasi keselamatan dan tingkatkan ketersediaan fasilitas lalu lintas guna membangun kesadaran masyarakat untuk pentingnya mentaati peraturan lalu lintas

18

Mengadakan sosialisasi keselamatan lalu lintas

10

Tingkatkan kinerja manajemen pengelolaan data untuk menyediakan data dan informasi di bidang perhubungan yang akurat guna terpenuhinya kebutuhan masyarakat maupun Instansi terkait akan ketersediaan data dan informasi terkait pelayanan perhubungan

19

Pemberdayaan ASN dan Tenaga Pendukung Non PNS Dinas Perhubungan untuk peningkatan pengelolaan data bidang perhubungan

20

Melakukan koordinasi secara rutin antara atasan dan bawahan guna menjamin kelancaran pelaksanaan program kerja

11

Adakan kerjasama dengan pihak Akademisi atau Perguruan Tinggi di Daerah guna meningkatkan kinerja pengelolaan data dan informasi

21

Bekerjasama dengan pihak Akademisi pada Perguruan Tinggi di Daerah dalam hal manajemen pengelolaan data dan informasi

12

Optimalkan pemanfaatan Sistem Informasi atau Aplikasi serta Website Dinas Perhubungan untuk memanajemen pengelolaan data dan informasi pelayanan yang dibutuhkan masyarakat maupun Instansi terkait

22

Mengoptimalkan penggunaan sistem informasi/ aplikasi serta Website Dinas Perhubungan

13

Optimalkan pemanfaatan Sistem Informasi dan Website Dinas Perhubungan guna mendukung perwujudan akuntabilitas kinerja

23

Mengembangkan sistem informasi dan website Dinas Perhubungan

14

Adakan kerjasama dengan pihak Akademisi atau Perguruan Tinggi di daerah untuk mengoptimalkan penyusunan dan penerapan SOP Dinas Perhubungan

24

Bekerjasama dengan pihak Akademisi pada Perguruan Tinggi di Daerah dalam penyusunan dan penerapan SOP

15

Adakan kerjasama dengan pihak Akademisi atau Perguruan Tinggi di Daerah guna meningkatkan kinerja perencanaan pembangunan

25

Bekerjasama dengan pihak Akademisi pada Perguruan Tinggi di Daerah dalam proses penyusunan rencana program kerja jangka menengah maupun jangka pendek (tahunan)

16

Adakan kerjasama dengan pihak Akademisi atau Perguruan Tinggi di daerah untuk peningkatan akuntabilitas kinerja Dinas Perhubungan

26

Bekerjasama dengan pihak Akademisi pada Perguruan Tinggi di Daerah dalam penyusunan laporan akuntabilitas kinerja

17

Diperlukan koordinasi dan konsultasi antar Intansi terkait baik dengan Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat guna meningkatkan kinerja perencanaan peningkatan akuntabilitas kinerja

27

Melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Instansi terkait baik di dalam daerah maupun di luar daerah sesuai dengan tingkat kebutuhan

18

Perlu dibentuknya UPT PKB, UPT Terminal, UPT Dermaga, dan UPT Pelabuhan guna peningkatan pelayanan dan upaya peningkatan PAD dari sektor penerimaan retribusi bidang perhubungan

28

Mengusulkan pembentukan UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, serta UPT lainnya apabila memang diperlukan

19

Tingkatkan sistem pengelolaan perparkiran dan pelayanan perhubungan lainnya yang mempunyai potensi PAD dalam upaya meningkatkan penerimaan retriburi dari sektor perhubungan

29

Peningkatan pengawasan dan pengelolaan perparkiran di seluruh wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara

30

Melakukan inventarisasi sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Sektor Perhubungan

31

Bekerjasama dengan pihak Akademisi pada Perguruan Tinggi di Daerah untuk melakukan kajian peningkatan retribusi sektor perhubungan

 

 

 

 

 

 

 

 

Mini Galeri

Video

Kontak

Dishub Kutai Kartanegara.
Jln. Pesut RT. VIII Kel. Timbau - Tenggarong
Kutai Kartanegara
Kalimantan Timur - 75511
Indonesia
: (0541) 6667077
: dishubkukar@yahoo.co.id

Cari berita